Lahirkan Bung Hatta Baru, Riyan Permana Putra Dukung Desa Wisata Kampung Bung Hatta

 

50 Kota – Perintis Perkumpulan Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia (PPKHI) Sumatera Barat, Dr (c). Riyan Permana Putra, SH, MH mendukung dan mengapresiasi hadirnya Desa Wisata (Dewi) Kampung Bung Hatta di Nagari Batuhampar, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten 50 Kota, Provinsi Sumatera Barat karna nanti goalnya selain pengembangan wisata juga pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan menunjang lahirnya Bung Hatta – Bung Hatta Baru.

 

Riyan Permana Putra mendukung karna di Nagari Batuhampar, 50 Kota, terdapat situs sejarah perkembangan Islam di Sumatera Barat, yaitu bangunan kubah dengan arsitektur India Arab. Bangunan ini disebut Gobah, didalam komplek Gobah ini ada makam dari Ayahanda Proklamator Negara Republik Indonesia Muhammad Hatta, yakni Syech Muhammd Djamil, Syech Abdurahmand Kakek Bung Hatta dan para Syech lainnya, terangnya.

 

Riyan Permana Putra juga mengatakan bangunan ini merupakan simbol kejayaan Islam yang masih tersisa di Kabupaten Lima Puluh Kota yang merupakan salah satu objek wisata religi karena memiliki nilai sejarah perkembangan agama Islam, sejarah sang Proklamator Bung Hatta masa kecil dan adat Minangkabau. Ramai dikunjungi setiap menjelang Ramadhan dan didalam kawasan ini juga terdapat suatu bangunan yang merupakan tempat suluk setiap bulan Ramadhan disalah satu bangunan di kawasan Gobah ini, jelasnya.

 

Alam perbukitan dan hamparan persawahan dengan suhu yang sejuk akan menambah daya tarik wisatawan untuk berlama-lama di Desa Wisata Kampung Bung Hatta, ujarnya.

 

Riyan Permana Putra juga menyarankan agar segera disusun Raperda tentang Desa Wisata di Kabupaten 50 Kota.

 

“Karna dengan adanya Raperda Desa Wisata ini akan memberikan kepastian hukum terhadap pengembangan desa wisata di Kabupaten 50 Kota,” kata Riyan Permana Putra, pada Selasa, (16/4/2024).

 

Nantinya kata Riyan Permana Putra dengan adanya peraturan daerah tentang desa wisata ini, diharapkan dapat menjadi acuan pembangunan dan pengembangan sekaligus pemetaan potensi desa wisata di Kabupaten 50 Kota.

 

“Selain itu peraturan daerah ini dapat memfasilitasi desa – desa yang memiliki potensi wisata untuk menjadi desa wisata yang pada akhirnya bermuara untuk meningkatkan pendapatan desa dan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

 

Desa wisata Kampung Bung Hatta terletak di Nagari Batuhampar, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten 50 Kota, Provinsi Sumatera Barat.

 

Nagari Batuhampar terletak di daerah perbatasan antara Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kabupaten Agam, Merupakan salah satu diantara tujuh nagari di Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Limapuluh Kota. yang berbatasan dengan Nagari Sariek Laweh sebelah i utara,m dengan Nagari Koto Tangah diselatannya, Sebelah Utara dengan Nagari Padang Tarok, Kabupaten Agam, sedangkan sebelah TImur berbatasan dengan Nagari Durian Gadang.

 

Letak nagari ini sangat strategis mengingat (salah satu jorongnya Koto Baru) terletak dipinggir jalan poros pada lintasan jalan utama Payakumbuh – BukittInggi. atau jalan poros Provinsi Riau-Sumbar, yakni Kota Pekanbaru- Kota Padang. yakni 10 km dari Kota Payakumbuh dan 23 Km menuju Bukittinggi. Sedangkan jorong lainnya masuk ke arah Selatan sejauh dua setengah Km dari Simpang Batuhampar.

 

Desa Wisata Kampung Bung Hatta menyediakan berbagai paket wisata seperti: wisata religi dan sejarah, wisata edukasi pertanian, pincuran raja, wisata olah raga jeep, paralayang, trabas, bersepeda, camping, tempat senam, ekonomi kreatif dengan aneka kuliner oleh-oleh asli daerah Batuhampar. Bagi wisatawan yang ingin menginap di desa wisata Kampung dapat tinggal di homestay yang sudah disediakan oleh masyarakat.

 

Untuk tamu yang ingin berkunjung menikmati pesona alam dan atau paket wisata di Desa Wisata Kampung Bung Hatta harap menghubungi Pengolola Desa Wisata atau Ketua Pokdarwis. Hp/ Wa 081365689977 Khusus tamu wisata religi diharapkan memakai pakaian sopan atau tutup aurat. Bagi tamu yang ingin menginap dan berlama-lama disini disarankan bawa jaket.(Fendy Jambak)

 

Lahirkan Bung Hatta Baru, Riyan Permana Putra Dukung Desa Wisata Kampung Bung Hatta

 

#EraBaruPasaman #HarimauPasaman #sumbar #minang #padang #padangpanjang #agam #batusangkar #painan #payakumbuh #dharmasraya #mentawai #padang #solok #solokselatan #pariaman #pasaman #lubukbasung #agam #limapuluhkota #pekanbaru #sawahlunto #pengacarabukittinggi #pkpaonline #upaonline #sumpahadvokat2023 #riyanpermanaputra #lbhbukittinggi #bukittinggi #konsultasigratis pengacara : advokat cerai pidana perdata tanah perumahan hutang piutang pemilu pilkada pelayanan publik waris pilkada umroh hutang piutang perbankan narkoba korupsi

 

Selengkapnya di pengacarabukittinggi.blogspot.com & pengacarabukittinggi.com atau hubungi Whatshapp: https://wa.me/6281285341919

 

baritonagarinews.com, nuansanews.com, sumbarekspres.com, mediaindonesiaindependen.com, lensasumbar.com, wajahsumbar.online, rohanakudusnews.com

babegametroonline, dan

minangkabauku.online

triagranews.com

Suluahnagari.com

 

Twitter dan instagram : minangkabauku

 

[Media Bukittinggi Agam – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) – Forum Pers Independen Indonesia (FPII) – Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) – Pemerhati Jurnalis Siber (PJS)]

Bagikan:
Hubungi Pengacara